Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mail Merge dari Microsoft Excel Ke Microsoft Word (membuat banyak surat)

Mail Merge Mengunakan Database Microsoft Excel

Mail Merge, yaps dari makna katanya saja dapat kita simpulkan menggabungkan surat, lalu apa maksud menggabungkan surat disini.
sebagai contoh mail merge adalah kita mau membuat undangan ke 1 kampoeng atau ke 1000 orang misalnya, apakah kita harus membuat 1000 undangan, padahal format undangan kita sama yang membedakan hanya namanya saja. mungkin problem ini sudah di perkirakan oleh pihak microsoft dengan menghubungkan antara Microsoft Office dengan Microsoft Excel sebagai database nya atau data masukkannya.
Bagaimana Menghubungkan Microsoft Excel ke Microsoft Word ???
ikuti step by step langkah berikut ini:
    Mail Merge Mengunakan Database Microsoft Excel
  1. Siapkan Format Surat kita
    co :  Kepada Yth......
  2. buka microsoft excel siapkan nama yang akan kita beri undangan
    co : gunakan baris pertama sebagai judul

kemudian simpan format excel nya.

3. kembali ke microsoft office word yang tadi
Mail Merge Mengunakan Database Microsoft Excel
pilih a.pada tools maillings pilih start mail merge b.step by step mail merge wizard 
langkah c. next : starting document


Mail Merge Mengunakan Database Microsoft Excel

d. next : select recipient

Mail Merge Mengunakan Database Microsoft Excel
e. browse
Mail Merge Mengunakan Database Microsoft Excel

f. langkah terakhir menghubungkan microsoft office dengan microsoft excel

Mail Merge Mengunakan Database Microsoft Excel
memilih tempat drive kita menyimpan data excel tersebut
kemudian klik open

setelah terhubung klik ok

maka tools mail merge kita sudah aktif
Mail Merge Mengunakan Database Microsoft Excel
Kepada Yth..... tadi kita isi dengan Insert Merge Field dengan judul seperti di microsoft excel kita yang sudah kita beri judul nama tadi.
Maka hasilnya menjadi Yth <<nama>>

Mail Merge Mengunakan Database Microsoft Excel
Klik Preview Results untuk melihat hasilnya.
Selamat Mencoba !!!Mail Merge Mengunakan Database Microsoft Excel
Ikatlah Ilmu dengan menulisnya.










1 komentar untuk "Cara Mail Merge dari Microsoft Excel Ke Microsoft Word (membuat banyak surat)"